BELAJAR ONLINE DI SAAT
PANDEMI COVID 19
Oleh: Suliaswati*
Merebaknya Covid-19 memaksa masyarakat dunia merekturisasi makna
kehiduan dan tujuan hidup, tujuan pembelajaran dan hakikat
kemanusiaan. Jika selama ini setiap orang dipaksa hidup dalam situasi serba cepat,
pekerjaan tanpa henti, dan kejaran target ekonomi yang penuh
persaingan. Namun semua ini berubah
seketika ketika persebaran pandemi virus Corona (Covid-19) yang menjadi krisis
besar manusia modern, memaksa kita untuk sejenak bernafas, berhenti dari
pusaran sistem, serta melihat kembali kehidupan, keluarga, dan lingkungan
sosial dalam arti yang sebenarnya. Manusia dipaksa 'berhenti' dari
rutinitasnya, untuk memaknai apa yang sebenarnya dicari dari kehidupan.
Sebagai bagian dari peradaban dunia, Indonesia memiliki tantangan besar dalam penanganan Covid-19. Dari berbagai aspek yang terdampak dari pandemi covid 19 ini, tentu saja yang
menjadi kajian saya adalah bidang pendidikan sebagai profesi yang saya geluti
selama ini.
Pandemi Covid-19
memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai
physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran
Covid-19. Jadi, kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran
virus Corona di tengah masyarakat. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran
daring dan disusul peniadaan Ujian Nasional untuk tahun ini.
Sebagai ujung tombak
di level paling bawah tenaga pendidik tentu saja harus siap
mentranformasi dan mengimplementasikan kebijakan pemerintah yaitu pembelajaran
jarak jauh )pembelajran online).
Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran online harus dipesiapkan
berbaga aspek mulai dari sarana dan prasarana seperti Hadrware (laptop, gaway,
jaringan internet) serta soft ware seperti aflikasi yang mudah dan dapat
diakses oleh peserta didik.
Perlu kit pahami bahwa pembelajaran online bukan metode untuk mengubah belajar
tatap muka dengan aplikasi digital, bukan pula membebani siswa dengan tugas
yang bertumpuk setiap hari. Pembelajaran secara online harusnya mendorong siswa
menjadi kreatif mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan
karya, mengasah wawasan dan ujungnya membentuk siswa menjadi pembelajar
sepanjang hayat. Hal ini sesuai dengan kometensi yang
dibutuhakn pada abad 21 yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif,
komunikatif dan percaya diri.
Adapun langkah-langkah yang haris dilakukan dalam pembelajaran online
adalah sebagai berikut:
Pertama, semua guru harus bisa mengajar jarak jauh yang notabene harus menggunakan teknologi. Peningkatan kompetensi pendidik di semua jenjang untuk menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh mutlak dilakukan.
Kedua, pemakaian
teknologipun juga tidak asal-asalan, ada ilmu khusus agar pemanfaatan teknologi
dapat menjadi alat mewujudkan tujuan Pendidikan yakni teknologi Pendidikan
(TP). Pembelajaran online tidak hanya memindah proses tatap muka menggunakan
aplikasi digital, dengan disertai tugas-tugas yang menumpuk. Ilmu teknologi
pendidikan mendesain sistem agar pembelajaran online menjadi efektif, dengan
mempertimbangkan tujuan pendidikan secara khusus. Prinsip-prinsip pemanfaatan
teknologi yang harus menjadi acuan guru dalam meamanfaatkan teknologi yaitu
mampu menghadirkan fakta yang sulit dan langka ke dalam kelas, memberikan
ilustrasi fenomena alam dan ilmu pengetahuan, memberikan ruang gerak siswa
untuk bereksplorasi, memudahkan interaksi dan kolaborasi antara siswa-guru dan
siswa-siswa, serta menyediakan layanan secara individu tanpa henti.
Ketiga, pola
pembelajaran daring harus menjadi bagian dari semua pembelajaran meskipun hanya
sebagai komplemen. Intinya guru membiasakan mengajar online.
Keempat, guru harus punya perlengkapan pembelajaran online.
Peralatan TIK minimal yg harus dimiliki guru adalah laptop dan alat pendukung
video conference.
Kelima, ketimpangan infrastruktur digital antara kota besar dan
daerah harus dijembatani dengan kebijakan teknologi afirmasi untuk daerah yang
kekurangan. Akses internet harus diperluas dan kapasitas bandwithnya juga harus
ditingkatkan.
Kelima isu penting
diatas akan menjadi penentu seberapa cepat kita akan mampu meratakan kurva
kecemasan siswa, guru, kepala sekolah, orang tua, dan kita semua.
Di tengah pandemi
Covid-19 ini, sistem pendidikan kita harus siap melakukan lompatan untuk
melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan oleh semua
guru. Kita memasuki era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill siswa,
dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola
interaksi kita dengan teknologi.
Diantara langkah
kongkrit yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran
onlne yaitu melakukan proses update kompetensi literasi digital yaitu kemampuan
dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran.
Ikatan Guru Indonesai
(IGI) sebagai bagian komunitas tempat bernaungnya para guru Indonesai
memberikan kesempatan yang luar biasa untuk membantu para guru dalam
meningkatkan keterampilan khususya memanfaatkan teknologi informasi dalam
proses dan kegiatan pembelajaran.
SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang memberikan bimbingan dan pelatihan kepada
para guru yang bernaung di bawah IGI untuk membuat Blog yang berisi konten
pebelajaran, materi ajar, evaluasi, karya guru dan lain-lain yang berhubungan
dengan dunia pendidikan. Melalui kegiatan SAGUSABLOG yang saya
ikuti ternyata mendorong saya untuk lebih menguasai teknologi dan dapat
menghasilan karya yang bermanfaat untuk kemajuan dunia pendidikan. Semoga.
*Guru PAI SMPN 1 Rancakalong Kabupaten Sumedang Jawa Barat
Hebat, sangat inspieatif...
BalasHapus👍👍👍
Luar biasa.Lanjutkan!!!
BalasHapusThe Guitar Hero Series - Tioga Springs, Iowa
BalasHapusThe Guitar Hero titanium wok Series Guitar Hero Series Our Guitar titanium drill bit set Hero series has been in production since titanium phone case 1993. From infiniti pro rainbow titanium flat iron their early 1980's, the Guitar Hero series has nipple piercing jewelry titanium