Sabtu, 06 Juni 2020

BELAJAR ONLINE DISAAT PANDEMI COVID 19


Guru belajar ngeblog


BELAJAR ONLINE DI SAAT PANDEMI COVID 19
Oleh: Suliaswati*
Merebaknya Covid-19 memaksa masyarakat dunia merekturisasi makna kehiduan dan tujuan hidup, tujuan pembelajaran dan hakikat kemanusiaan. Jika selama ini setiap orang dipaksa hidup dalam situasi serba cepat, pekerjaan tanpa henti, dan kejaran target ekonomi yang penuh persaingan. Namun semua ini berubah seketika ketika persebaran pandemi virus Corona (Covid-19) yang menjadi krisis besar manusia modern, memaksa kita untuk sejenak bernafas, berhenti dari pusaran sistem, serta melihat kembali kehidupan, keluarga, dan lingkungan sosial dalam arti yang sebenarnya. Manusia dipaksa 'berhenti' dari rutinitasnya, untuk memaknai apa yang sebenarnya dicari dari kehidupan. 
Sebagai bagian dari peradaban dunia, Indonesia memiliki tantangan besar dalam penanganan Covid-19. Dari berbagai aspek yang terdampak dari pandemi covid 19 ini, tentu saja yang menjadi kajian saya adalah bidang pendidikan sebagai profesi yang saya geluti selama ini
Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Jadi, kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran virus Corona di tengah masyarakat. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring dan disusul peniadaan Ujian Nasional untuk tahun ini. 
Sebagai ujung tombak di level paling bawah tenaga pendidik tentu saja harus siap mentranformasi dan mengimplementasikan kebijakan pemerintah yaitu pembelajaran jarak jauh )pembelajran online).
Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran online harus dipesiapkan berbaga aspek mulai dari sarana dan prasarana seperti Hadrware (laptop, gaway, jaringan internet) serta soft ware seperti aflikasi yang mudah dan dapat diakses oleh peserta didik.
Perlu kit pahami bahwa  pembelajaran online bukan metode untuk mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi digital, bukan pula membebani siswa dengan tugas yang bertumpuk setiap hari. Pembelajaran secara online harusnya mendorong siswa menjadi kreatif mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan karya, mengasah wawasan dan ujungnya membentuk siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat. Hal ini sesuai dengan kometensi yang dibutuhakn pada abad 21 yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif dan percaya diri.
Adapun langkah-langkah yang haris dilakukan dalam pembelajaran online adalah sebagai berikut:

Pertama, semua guru harus bisa mengajar jarak jauh yang notabene harus menggunakan teknologi. Peningkatan kompetensi pendidik di semua jenjang untuk menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh mutlak dilakukan.
Kedua, pemakaian teknologipun juga tidak asal-asalan, ada ilmu khusus agar pemanfaatan teknologi dapat menjadi alat mewujudkan tujuan Pendidikan yakni teknologi Pendidikan (TP). Pembelajaran online tidak hanya memindah proses tatap muka menggunakan aplikasi digital, dengan disertai tugas-tugas yang menumpuk. Ilmu teknologi pendidikan mendesain sistem agar pembelajaran online menjadi efektif, dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan secara khusus. Prinsip-prinsip pemanfaatan teknologi yang harus menjadi acuan guru dalam meamanfaatkan teknologi  yaitu mampu menghadirkan fakta yang sulit dan langka ke dalam kelas, memberikan ilustrasi fenomena alam dan ilmu pengetahuan, memberikan ruang gerak siswa untuk bereksplorasi, memudahkan interaksi dan kolaborasi antara siswa-guru dan siswa-siswa, serta menyediakan layanan secara individu tanpa henti.
Ketiga, pola pembelajaran daring harus menjadi bagian dari semua pembelajaran meskipun hanya sebagai komplemen. Intinya guru membiasakan mengajar online.
Keempat,  guru harus punya perlengkapan pembelajaran online. Peralatan TIK minimal yg harus dimiliki guru adalah laptop dan alat pendukung video conference.
Kelima, ketimpangan infrastruktur digital antara kota besar dan daerah harus dijembatani dengan kebijakan teknologi afirmasi untuk daerah yang kekurangan. Akses internet harus diperluas dan kapasitas bandwithnya juga harus ditingkatkan.
Kelima isu penting diatas akan menjadi penentu seberapa cepat kita akan mampu meratakan kurva kecemasan siswa, guru, kepala sekolah, orang tua, dan kita semua.
Di tengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan kita harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan oleh semua guru. Kita memasuki era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi.  
Diantara langkah kongkrit yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran onlne yaitu melakukan proses update kompetensi literasi digital yaitu kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran.
Ikatan Guru Indonesai (IGI) sebagai bagian komunitas tempat bernaungnya para guru Indonesai memberikan kesempatan yang luar biasa untuk membantu para guru dalam meningkatkan keterampilan khususya memanfaatkan teknologi informasi dalam proses dan kegiatan pembelajaran.  SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang memberikan bimbingan dan pelatihan kepada para guru yang bernaung di bawah IGI untuk membuat Blog yang berisi konten pebelajaran, materi ajar, evaluasi, karya guru dan lain-lain yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Melalui kegiatan SAGUSABLOG yang saya ikuti ternyata mendorong saya untuk lebih menguasai teknologi dan dapat menghasilan karya yang bermanfaat untuk kemajuan dunia pendidikan. Semoga.

*Guru PAI SMPN 1 Rancakalong Kabupaten Sumedang Jawa Barat

3 komentar:

  1. Hebat, sangat inspieatif...
    👍👍👍

    BalasHapus
  2. The Guitar Hero Series - Tioga Springs, Iowa
    The Guitar Hero titanium wok Series Guitar Hero Series Our Guitar titanium drill bit set Hero series has been in production since titanium phone case 1993. From infiniti pro rainbow titanium flat iron their early 1980's, the Guitar Hero series has nipple piercing jewelry titanium

    BalasHapus